Minggu, 30 Oktober 2011

Bahasan Seminar Purdi E. Chandra Mengenai Otak Kanan

Saya menemukan artikel berikut dari salah satu website, namun maaf sekali saya lupa menyertakan nama websitenya. Jika ada yang tahu alamat website nya, beritahu saya di posting. Artikel ini sangat menarik perhatian saya, selain membuat saya tersenyum sendiri tetapi juga memberikan pandangan yang luar biasa mengenai pencapaian kesuksesan yang membuat banyak orang kagum dan bertanya – tanya.


 Purdi E. Chandra, pendiri Primagama dan Entrepreneur University adalah pembicara utama dalam seminar yang mengangkat tema “gila” beberapa waktu lalu, maka setiap ungkapan yang dikemukakan Purdi terasa “gila” dan membuat peserta tertawa. Dalam seminarnya itu dia menitikberatkan pada kekuatan OTAK KANAN manusia dalam mencapai kesuksesan. Mari kita simak isi pembicaraan di seminarnya :

Purdi : Saya masuk kuliah di empat universitas tapi tidak selesaikan kuliah. Tapi saya juga heran kenapa bisa dirikan Primagama, sebuah lembaga bimbingan belajar terbesar di Indonesia yang cabangnya sampai ratusan. Padahal saya tidak terlalu pintar-pintar amat. Makanya saya berpikir kalau kita terlalu pintar menyebabkan terlalu banyak pertimbangan, yang akhirnya tak ada sama sekali yang bisa dikerjakan. Makanya mungkin alangkah baiknya anak kita jangan terlalu
pintar. ( Hadirin tertawa . . . )

Purdi : Anak saya yang di SMP ranking 11 langsung minta mobil. Ini sudah luar biasa dibandingkan sebelumnya yang ranking 20-an. Dia juga mau jadi pengusaha. Lihat saja banyak orang pintar tapi tidak mau kerja. Untuk mau menjadi pengusaha jangan terlalu banyak pertimbangan. Laksanakan saja niat itu dan tunggu hasilnya. Coba lihat pakar akuntansi tidak mau berusaha karena apa. Yah itu tadi karena mereka belum berusaha sudah takut jadi pengusaha, karena mereka sudah mempelajari dulu hitung-hitungan menjadi pengusaha yang mengerikan makanya mereka takut sebelum berusaha. Lalu kenapa orang mau jadi pengusaha. Saya kira Jaya Setiabudi sudah memaparkan banyak tadi. Yah jadi pengusaha itu misalnya gini, saya merasa tiap hari kerjanya apa. Paling kalau ada yang mau ditandatangani baru muncul. Makanya yang perlu diketahui calon pengusaha tidak usah muluk-muluk kalu sudah bisa tanda tangan yah bagus-lah. ( Hadirin tertawa . . . )

Purdi : Pengusaha itu tidak perlu tinggi-tinggi sekolah, karena yang mereka perlukan hanya tahu tanda tangan dan mengingat bentuk tanda tangannya jangan sampai salah tanda tangan satu dengan lainnya. Selain itu, pengusaha kebanyakan dari orang malas. Sebab orang yang sudah pintar itu diperebutkan sama perusahaan untuk menjadi karyawan. Makanya yang jadi pengusaha itu dulunya orang malas. Orang malas sebenarnya bukan hal yang negatif karena melihat pengalaman selama ini, kebanyakan mereka yang jadi pengusaha. Nah, orang pintar akan dibutuhkan pengusaha sebagai tulang punggung perusahaan. Misalnya, saya sebagi Direktur, banyak pegawai saya adalah para doktor, sementara saya tamat kuliah juga tidak. Paling saya membuat akademi perguruan tinggi dan memanggil para doktor mengajar di tempat saya dan gelar saya dapat dari akademi saya sendiri.

Setelah berbicara bahwa seorang pengusaha tak harus pintar, pendiri lembaga pendidikan Primagama dan Entrepreneur University, Purdie E Chandra, mengupas pembicaraan mengenai fungsi otak kanan sebagai salah satu tips menjadi pengusaha, berikut beberapa petikannya.

Purdi : Untuk menjadi pengusaha memang harus sedikit “gila”. Lebih gila lagi kalau teman-teman tidak mau jadi pengusaha. ( Hadirin tertawa . . . )

Purdi : Untuk menjadi seorang pengusaha pakailah otak kanan Anda. Kalau perlu jangan gunakan sama sekali otak kiri. Kenapa harus otak kanan? Ini yang lucu karena otak kanan mengajarkan kita hal yang tidak rasional. Berbeda dengan otak kiri, ia memberitahukan sesuatu yang rasional, teratur, dan berurut-urut. Misalnya begini, murid SD disuruh kreatif sama gurunya. Ia disuruh membuat gambar pemandangan. Karena dari dulu gambar pemandangan yang ia tahu hanya yang ada gunung lalu dibawahnya jalan raya dan sungai, maka sampai dia SMU pun hanya gambar itu yang ia tahu. Ketika diperintahkan menggambar pemandangan. Ini keteraturan tapi tidak ada kreativitas. Kalau ada otak kanan maka ia akan memberitahukan sesuatu yang lebih kreatif. Lalu, apakah Anda mau dari dulu jadi karyawan terus menerus, tidak kreatif ingin menjadi pengusaha dan punya karyawan. Atau begini, anda bangun setiap pagi, mandi, naik angkot ke kantor, bekerja lalu menjelang sore pulang ke rumah setelah itu tidur dan besoknya lagi ke kantor. Itu dijalani selama belasan tahun bahkan sampai kakek-nenek. Dan sama sekali terbatas waktu yang sebanyak- banyaknya dengan orang luar yang lain dari yang dibayangkan. Itulah keteraturan dan yang mengatur semua itu adalah otak kiri. Apakah Anda mau seperti itu seterusnya? Makanya gunakanlah otak kanan. Mau jadi pengusaha biasakanlah otak kanan Anda yang bekerja. Dan Anda tak perlu setiap hari ke kantor dan pulang sore. Kenapa tangan kanan kita selalu bergerak? Karena yang menggerakan adalah otak kiri makanya teratur hasilnya. Lalu, apakah kita harus seperti anak SD terus yang hanya pintar menggambar pemandangan satu model yang diajarkan gurunya? Otak kanan tidak banyak hitungan atau pertimbangan macam-macam. Ia lebih banyak mengerjakan apa yang dipikirkannya. Kalau mau usaha jangan terlalu banyak hitung-hitungan. Waktu bikin banyak usaha saya tidak banyak hitung-hitungan dan Alhamdulillah sukses. Saya kira banyak pengusaha lain yang seperti itu. Lihat saja beberapa orang terkaya di dunia tidak sampai selesai kuliahnya, Bill Gates misalnya bahkan dia menjadi penyokong dana utama Harvard University (Universitas ternama dunia di Amerika). Ibaratkan kita mau jadi pengusaha itu sama seperti ketika hendak masuk kamar mandi. Kenapa? Karena masuk kamar mandi kita tidak berpikir – pikir… kalau kebelet… yah langsung masuk saja. Terserah di dalam kamar mandi “sukses” atau tidak itu urusan belakang. Kalau di dalam kamar mandi tidak ada sabun kan kita akhirnya keluar juga dan ada upaya untuk mencari. Orang terkadang akan mencari sesuatu apapun yang menurutnya mendesak dengan berbagai cara. Kalau pun pada saat itu tidak ada sabun di rumah ia akan berusaha untuk mencari sabun sampai dapat. Untuk latih otak kanan tidak perlu sekolah-sekolah tinggi. Anak saya yang SMP sekarang kalau bukan karena takut ditanya calon mertua kelak, mungkin dia sudah berhenti sampai SMP saja. Jangan sampai calon mertua nanti tanya, “anaknya lulusan apa?” ( Hadirin tertawa . . . )
Sekian.

Cerita di atas menambah satu lagi daftar bukti bahwa kekuatan otak kanan seseorang ikut berperan besar dalam menunjang kesuksesan. Tidak diragukan lagi bukan? Betapa hebatnya kemampuan otak kanan anda.
Berikut saya tampilkan perbedaan fungsi antara otak kiri dan otak kanan anda,

Otak kiri :
Menggunakan logika
Berorientasi pada rincian (detail)
Bahasa dan kata – kata
Masa kini dan masa lalu
Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Mengetahui
Susunan / Pandangan Pada Pola
Mengetahui nama objek
Realitas (Berdasar kenyataan)
Strategi dan Bentuk
Lebih kepada praktek (melakukan)
Mengutamakan rasa aman

Otak kanan :
Menggunakan perasaan
Simbol dan gambar
Masa kini dan masa depan
Filosofi dan agama
Kepercayaan
Sifat Menghargai
Pandangan mengenai ruang
Mengetahui fungsi objek
Imajinasi (Berdasar fantasi)
Kemungkinan
Keras
Berani ambil resiko

Cukup sampai sini artikel bahasan saya mengenai otak kanan. Sebenarnya saya hanya ingin menitikberatkan bahwa otak kanan seseorang dan penggunaan The Secret sangat berhubungan. Bukti – bukti yang saya sudah tulis hanya untuk menyita perhatian anda agar tidak meremehkan kemampuan terbesar otak kanan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar